ABSTRAK*
AFWAN TARIHORAN, 2019. Upaya
Meningkatkan Prestasi Kerja PNS Guru Melalui Aplikasi Penilaian di SMK Negeri 1 Marancar.
Penyusunan
sasaran kerja pegawai dan perhitungan angka kreditnya menjadi masalah dalam best practices ini.
Berdasarkan data awal sampai dengan Tahun 2016 guru belum pernah mengikuti
sosialisasi/ workshop/ pelatihan tentang penilaian prestasi kerja, jabatan
fungsional guru dan angka kreditnya. Pegawai Negeri Sipil guru dan guru yang diberi tugas tambahan mengalami kesulitan
dan tidak dapat melaksanakan kewajiban
menyusun sasaran kerja pegawai dan perhitungan angka kreditnya sampai
dengan Tahun 2016 sehingga penilaian prestasi kerja PNS guru dan guru yang
diberi tugas tambahan di SMK Negeri 1 Marancar tidak dapat dilaksanakan dengan
baik.
Guna
pemecahan masalah maka dilakukan best practices dengan cara penyusunan aplikasi
penilaian, melaksanakan sosialisasi tentang penilaian prestasi kerja PNS, jabatan
fungsional guru dan angka kreditnya, workshop penggunaan aplikasi serta menggunakan
aplikasi dalam menyusun sasaran kerja pegawai dan penilaian prestasi kerja PNS
guru dan guru yang diberi tugas tambahan
Hasil
best practices ini adalah PNS Guru dan guru yang diberi tugas tambahan memahami
penilaian prestasi kerja, jabatan fungsional guru dan angka kreditnya. Guru
lebih mudah menyusun sasaran kerja pegawai, menghitung angka kreditnya dan
meningkatkan prestasi kerja melalui aplikasi penilaian. Berdasar data hasil
best practices ini menunjukkan angka kredit Tahun 2015 rata-rata 12,94, Tahun 2016 rata-rata 14,58, Tahun 2017
rata-rata 15,10 dan Tahun 2018 rata-rata 16,02. Prestasi Kerja Tahun 2015
rata-rata 82,97, Tahun 2016 rata-rata 84,34, Tahun 2017 rata-rata 85,15, dan Tahun
2018 rata-rata 85,34.
Kesimpulan
best practices ini adalah PNS guru dan guru yang diberi tugas tambahan dapat penyusunan
sasaran kerja pegawai, menghitung angka kreditnya setiap tahun berjalan dan
meningkatkan prestasi kerja melalui aplikasi penilaian di SMK Negeri 1
Marancar. Best practices ini merekomendasikan agar kepala sekolah melakukan pembinaan secara berkesinambudang
dan peningkatan prestasi kerja. Dinas pendidikan melakukan sosialiasi penilaian
prestasi kerja, jabatan fungsional guru dan angka kreditnya serta memiliki
aplikasi penilaian untuk digunakan sekolah dan atau aplikasi penilaian secara online.
*Finalis Best Practices Kepala
Sekolah Tingkat Nasional 29 April – 03 Mei
2019
KENANGAN
FINALIS BEST PRACTICES KEPALA SEKOLAH
TINGKAT
NASIONAL TAHUN 2019
.
.
.
.
.
.
.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar