Senin, 13 April 2020

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI'


ABSTRAK
AFWAN TARIHORAN, 2016. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Melalui Pembelajaran STAD Berbantuan Tekniologi Informasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi  dan aktivitas belajar biologi siswa melalui pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) Berbantuan Teknologi Informasi Microsoft PowerPoint.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan selama 3 bulan dengan 3 siklus pada bulan Januari, Pebruari dan Maret 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Agribisnis Tanaman Perkebunan SMK Negeri 1 Marancar berjumlah 13 orang terdiri dari laki-laki 8 orang dan perempuan 5 orang. Objek penelitian adalah prestasi belajar biologi siswa materi bioteknologi. Teknik dan alat pengumpulan data berupa tes dan observasi. Data prestasi belajar biologi dikumpulkan menggunakan teknik tes prestasi belajar.  Data aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajarn dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian  menunjukkan prestasi belajar biologi melalui pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) Berbantuan Teknologi Informasi Microsoft PowerPoint  pada  siklus I  rata-rata 76,15.  siklus II  rata-rata 76,92 dan siklu III rata-rata 79,42.   Aktivitas siswa dalam kelompok belajar menunjukkan persentase rata-rata  pada siklus I 56,25%  siklus II  75,00% dan siklus III 81,25%.
Berdasarkan data prestasi dan aktivitas belajar biologi maka penelitian ini menyimpulkan bahwa prestasi dan aktivitas belajar biologi siswa materi bioteknologi meningkat melalui pembelajaran  Student Teams Achievement Devision (STAD) berbantuan Teknologi Informasi Microsoft PowerPoint di Kelas XII Agribisnis Tanaman Perkebunan SMK Negeri 1 Marancar semester genap Tanun Pelajaran 2015/2016
Hasil penelitian ini menyarankan kepada guru agar dalam melaksanakan pembelajaran menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada siswa sesuai dengan materi pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi sebagai media pembelajaran. Pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) berbantuan teknologi informasi Microsoft PowerPoint merupakan satu alternatif dalam meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa. Kepada Kepala Sekolah disarankan melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran guna memudahkan guru dalam menerapkan pembelajaran berbantuan teknologi informasi. Kepada peneliti selanjutnya disarankan agar lebih memperluas kajian penerapan pembelajaran dan mengkaji faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LIBURAN DAN CUTI TAHUNAN GURU PNS ?

oleh Afwan Tarihoran, M.Pd. A.         Pendahuluan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen pasal 1 ayat 1 menyebutkan: Guru...