ABSTRAK
AFWAN TARIHORAN, 2016. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi
Melalui Pembelajaran STAD Berbantuan Tekniologi Informasi.
Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan prestasi dan aktivitas belajar biologi siswa melalui
pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) Berbantuan
Teknologi Informasi Microsoft PowerPoint.
Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dilaksanakan selama 3 bulan dengan 3 siklus pada bulan Januari, Pebruari
dan Maret 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Agribisnis Tanaman
Perkebunan SMK Negeri 1 Marancar berjumlah 13 orang terdiri dari laki-laki 8
orang dan perempuan 5 orang. Objek penelitian adalah prestasi belajar biologi
siswa materi bioteknologi. Teknik dan alat pengumpulan data berupa tes dan observasi.
Data prestasi belajar biologi dikumpulkan menggunakan teknik tes prestasi
belajar. Data aktivitas siswa dan
pelaksanaan pembelajarn dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Teknik
analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan analisis
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar biologi melalui
pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) Berbantuan
Teknologi Informasi Microsoft PowerPoint
pada siklus I rata-rata 76,15. siklus II
rata-rata 76,92 dan siklu III rata-rata 79,42. Aktivitas siswa dalam kelompok belajar
menunjukkan persentase rata-rata pada
siklus I 56,25% siklus II 75,00% dan siklus III 81,25%.
Berdasarkan data prestasi
dan aktivitas belajar biologi maka penelitian ini menyimpulkan bahwa prestasi
dan aktivitas belajar biologi siswa materi bioteknologi meningkat melalui pembelajaran
Student Teams Achievement Devision
(STAD) berbantuan Teknologi Informasi Microsoft PowerPoint di Kelas XII
Agribisnis Tanaman Perkebunan SMK Negeri 1 Marancar semester genap Tanun
Pelajaran 2015/2016
Hasil penelitian ini
menyarankan kepada guru agar dalam melaksanakan pembelajaran menerapkan
pembelajaran yang berorientasi pada siswa sesuai dengan materi pembelajaran
dengan menggunakan teknologi informasi sebagai media pembelajaran. Pembelajaran
Student Teams Achievement Devision (STAD) berbantuan teknologi informasi
Microsoft PowerPoint merupakan satu alternatif dalam meningkatkan prestasi dan
aktivitas belajar siswa. Kepada Kepala Sekolah disarankan melengkapi sarana dan
prasarana pembelajaran guna memudahkan guru dalam menerapkan pembelajaran
berbantuan teknologi informasi. Kepada peneliti selanjutnya disarankan agar
lebih memperluas kajian penerapan pembelajaran dan mengkaji faktor lain yang
mempengaruhi prestasi belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar